HIMAILKA UNIB Gelar Seminar Nasional Bahas "Enggano Marine Technopark"

IKL UNIB - Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (Himailka) Universitas Bengkulu kembali menyelenggarakan seminar nasional (25/2) dengan tema "Marine Technopark for Enggano to be Better Island". Bertempat di ruang rapat utama rektorat, Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. untuk membuka seminar ini secara resmi. Hadir pula perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Dekan FP Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc., ketua program studi Ilmu Kelautan Ir. Dede Hartono, MT., juga dosen selingkup program studi Ilmu Kelautan Unib.

Photo: Humas-amr

"Saya menyambut gembira dan penghargaan atas inisiatif penyelenggaraan seminar nasional ini, karena dari kegiatan ini juga akan membantu dalam merealisasikan program dari adopsi pulau Enggano 2013 lalu. Dalam waktu dekat ini prodi Ilmu Kelautan akan membentuk jurusan dalam jangka panjangnya akan membentuk fakultas sendiri" ujar Rektor dalam sambutannya.

Photo: Humas-amr

Seminar nasional ini dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama mengundang Eko Nofridiasnyah, S.Pi., M.Sc. selaku dosen Ilmu Kelautan lulusan Prancis dan Dedy Arief H.,  S.St.Pi., M.Si., selaku kepala SKIPM Provinsi Bengkulu. Sedangkan pada sesi kedua dihadirkan dari perwakilan Angkataan Laut Bengkulu dan Syofyan Hasan, S.Pi., M.Sc. Kasubdit Sarana dan Prasarana Pulau-Pulau Kecil juga salah satu pendiri dari organisasi Himitekindo.

Photo: Humas-amr

Enggano Marine Technopark (EMTP) merupakan kawasan terpadu yang dirancang sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Pulau Enggano Kab. Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. EMTP ini diharapkan menjadi sarana untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi sumberdaya perikanan dan kelautan yang ada di Pulau Enggano secara optimal. Selain itu EMTP ini diharapkan dapat menjadi pilot project percepatan pembangunan Pulau-Pulau Kecil terluar Indonesia melalui technopark. 

Konsep Enggano Marine Technopark: “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan, untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing masyarakat dengan menggunakan sektor-sektor strategis domestik sehingga terwujud masyarakat yang mandiri ekonomi dan berjiwa maritim”. (humas-amr)

Presentasi seminar nasional unduh disini.

Diberdayakan oleh Blogger.