Menuju Bengkulu Sebagai Poros Maritim Indonesia

Ir. Zamdial, M.Si., Dosen Prodi Ilmu Kelautan Unib sebagai Pembicara


Ikl Unib - Seminar Nasional menuju Bengkulu Provinsi Maritim dengan tema Upaya Strategis Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia bertempat di Aula Hotel Raffles City Bengkulu. Seminar ini dihadiri oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Ridwan Mukti, SH, MH, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu Ir. Renaldi, Kepala Dinas Dishubkominfo Provinsi Bengkulu Drs. Rusdi, M.Pd, FKPD dan SKPD Provinsi Bengkulu, serta Persatuan Nelayan Provinsi Bengkulu.
Acara seminar ini sendiri menghadirkan narasumber diantaranya adalah Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA, yang membahas Penguatan Infrastruktur maritim Provinsi Bengkulu menjadi poros Maritim Dunia. Selanjutnya Siswanto Rusdi selaku Direktur The National Maritime Institute (Namarin), Direktur Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Asep Burhanudin, Sesdinjen Maritim Ir. Agus Dermawan, M.Si, serta Dosen Prodi Ilmu Kelautan Ir. Zamdial Ta’alidin, M.Si Universitas Bengkulu.
Tujuan dari diadakannya seminar maritim ini adalah sebagai langkah dalam pengembangan maritim serta untuk memperoleh masukan dan kesepahaman para stake holder, untuk menghasilkan rumusan yang strategis menuju kemaritiman Bengkulu, yang membutuhkan dukungan dari berbagai Instansi untuk menuju Bengkulu sebagai poros Maritim. Sebagai bagian dari peringatan hari nelayan nasional yang di lakukan dari tangal 6 – 13 April 2016 Pemerintah Provinsi mengadakan seminar nasional secara resmi tentang kemaritiman.
Gubernur dalam sambutannya menegaskan bahwa acara seminar ini merupakan program menuju Bengkulu sebagai poros Maritim Indonesia, untuk mengawali sebuah hal yang baru kemaritiman.
“Kami menginginkan sebagai sumber mensejahterakan masyarakat di Bengkulu adalah di kelautan petakan dari berbagai kampung nelayan bagaimana menjadikan nelayan tradisional menjadi nelayan modern dan dibekali dengan tehnologi, ketika kita bisa mensejahterakan nelayan dan kampung nelayan menjadi kampung yang maju sehingga tidak kumuh lagi maka dari situlah ukuran kesuksesan kita untuk membangun aspek kemaritiman Provinsi Bengkulu,” tegas Gubernur Bengkulu.
Gubernur juga mengharapkan Bengkulu memilik Industri kelautan dan kemaritiman, Bengkulu yang memiliki industry galangan kapal yang menguasai teknologi pembuatan kapal, hingga Bengkulu dapat menjadi poros Maritim Indonesia dapat terwujud.
“Kita menginginkan agar Bengkulu memiliki industri kelautan dan kemaritiman yang luar biasa dan juga bahwa Bengkulu akan memiliki industri galangan kapal  yang menguasai teknologi pembuatan kapal yang menggerakan masyarakat Bengkulu menuju masyarakat maritime. Kami juga menginginkan bahwa ada industry – industri pelayaran lainnya yang mendukung kemaritiman dan kelautan serta tentunya menggerakan kultur masyarakat Bengkulu menjadi masyarakat maritim. Satu syarat untuk mewujudkan melalui optimisme dan semua keraguan mampu ditepis dengan semangat yang besar menuju Bengkulu poros maritim Indonesia,” harap Gubernur. Sumber: http://bengkuluprov.go.id/
Diberdayakan oleh Blogger.