Tata Krama Bertamu di Laut


Ikl Unib - Ada banyak informasi berikut tata karma di dunia bawah laut yang dijabarkan buku WWF, Mengamati dan Berinteraksi dengan Satwa Laut. Berikut beberapa hal dasar yang penting jadi pegangan:
  1. Ketahui dan pahami lebih dulu tentang peraturan-peraturan yang berlaku di lokasi wisata
  2. Hormati budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar lokasi wisata. Mulai dari cara berpakaian, hingga larangan berkunjung ke lokasi-lokasi tertentu, karena alasan adat atau norma setempat.
  3. Pastikan operator wisata memiliki peralatan yang memadai untuk pertolongan pertama pada kecelakaan.
  4. Perhatikan dengan baik kondisi di sekitar lokasi wisata saat melakukan aktivitas bahari. Hal ini untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak diinginkan, seperti terbentur badan kapal hingga terbawa arus laut.
  5. Hindari mendekat atau mengganggu satwa yang akan naik ke permukaan air, khususnya satwa yang bernafas dengan paru-paru seperti mamalia laut.
  6. Jangan mengejar atau mengganggu aktivitas satwa, terutama pada kondisi sensitif seperti kawin, mencari makan, atau beristirahat.
  7. Jika satwa terlihat gelisah atau terganggu, jaga jarak atau segera tinggalkan area tersebut.
  8. Biarkan satwa bergerak dan menentukan waktu muncul ke permukaan dengan bebas.
  9. Hindari kontak fisik atau bersentuhan dengan satwa.
  10. Hindari memberi makan, mengejar, menangkap, menarik perhatian, mengendarai, dan menghalangi arah jalur satwa yang diamati.
  11. Beberapa hewan sangat sensitif terhadap flash kamera. Bila hendak menggunakannya, jangan diarahkan ke bagian mata atau kepala satwa.
  12. Jangan membuang sampah sembarangan.
  13. Jangan mengambil, membeli, serta memperdagangkan satwa dan produk turunannya.
Sumber: http://www.republika.co.id/
Diberdayakan oleh Blogger.