HUT RI DI PULAU ENGGANO, SATGAS ADOPSI PULAU UNIB SERAHKAN BANTUAN


IKL UNIB -  PULAU ENGGANO merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang dipilih menjadi pusat perayaan HUT RI 17 Agustus 2016. Merupakan hal yang langkah HUT RI di Pulau Enggano ikut hadir langsung Gubernur Bengkulu, perwakilan 17 Kementerian RI dan Rektor Universitas Bengkulu. Bertindak selaku pemimpin upacara Mayor Inf Deksi Van Toni, SH MM dari Korem 041/Gamas Bengkulu, Rabu (17/8).

Antusiasme warga Enggano menyaksikan upacara HUT RI itu cukup beralasan, mengingat baru pertama kali mereka merasakan upacara HUT RI dilaksanakan secara besar-besaran di pulau terluar Indonesia tersebut. Apalagi yang menjadi inspektur upacara (irup) adalah Gubernur Bengkulu, Dr. H. Ridwan Mukti MH, ditambah lagi sejumlah pejabat pemerintah pusat dan Provinsi Bengkulu.
Seperti Danrem 041/Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad; Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi SE; Deputi Kemaritiman Sekretaris Kabinet, Ratih Nurdati; Dirjen PRL KKP, Brahmantia Satia Murti P; Deputi IV Kemenpolhukam, Laksamana TNI, Semi John Putra, Rektor Universitas Bengkulu, Dr. Ridwan Nuraszi, S.E., M.Sc. dan tamu undangan lainnya.

Kemudian lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan dengan penuh semangat oleh paduan suara membuat suasana para peserta upacara dan warga serasa kembali ke masa perjuangan para pejuang di masa lalu. Upacara resmi dibubarkan pukul 09.45 WIB.
Usai upacara, warga Enggano menerima bantuan dari berbagai macam sumber salah satunya adalah bantuan yang diberikan oleh Satgas Adopsi Pulau Enggano oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi kerjasama anatara Unib dan KKP RI melalui mahasiswa KKN Unib periode 79 di seluruh desa yang ada di Pulau Enggano ini. Tari perang, permainan tradisional Enggano dan penyematan gelar adat kepada Dirjen PRL KKP, Brahmantia Satyakurti P. Warga Enggano juga sangat menghayati HUT RI ke 71 ini, tampak hampir di setiap rumah berkibar bendera merah putih.
Selanjutnya, Gubernur Bengkulu, bersama rombongan menuju Desa Meok untuk meresmikan rumah pintar dan kreatif, berkat kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu. ”Bismillahhirahmanirrahim,” ucap Gubernur sembari memotong pita tanda diresmikannya rumah pintar dan kreatif itu.

Sebelumnya, Selasa (16/8) gubernur dan rombongan juga melakukan tranplantasi terumbu karang di Pulau Dua. Kemudian dilanjutkan peninjauan pengolahan air bersih bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Desa Kaana. [Penulis/foto: Apriliansyah]
Diberdayakan oleh Blogger.