IKL UNIB | DUA PERWAKILAN ILMU KELAUTAN UNIB IKUTI PELATIHAN BIODIVERSITY INVENTORY AND BASIC MOLECULAR

ILMU KELAUTAN UNIB - Dalam meningkatkan kapasitas peneliti Indonesia untuk melakukan penelitian di bidang ekologi dan molekuler. Dua perwakilan prodi Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu yang terdiri 1 dosen dan 1 mahasiswa mengikuti Biodiversity inventory and basic moleculer training yang dilaksanakan di Karimunjawa dan Laboratorium Terpadu UNDIP, Semarang pada tanggal 17-25 Maret 2017.




Beberapa hal tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu:
  1. Memperkenalkan metode DCH sebagai salah satu alternatif metode survey dan inventarisasi keanekaragaman jenis Dekapoda.
  2. Meningkatkan ketertarikan dosen, mahasiswa/i dan para peneliti muda untukmelakukan penelitian seputar keanekaragaman Dekapoda.
  3. Memperkenalkan teknik molecular sebagai alat bantu dalam mengidentifikasiorganisme
  4. Melakukan diskusi bersama mengenai peluang kerjasama penelitian Dekapoda terintegrasi antar lembaga , dengan tujuan untuk meningkatkan publikasi ilmiah tentang keanekaragaman Dekapoda dari Indonesia.  

Dosen Ilmu Kelautan Unib, Person Pesona Renta, S.Kel., M.Si., bersama mahasiswa, Afti Ayu P. Sinurat mengikuti banyak kegiatan. Pelatihan dan koleksi sampel Dekapoda di Karimunjawa, Jepara Jawa Tengah dan pelatihan dasar dasar genetika sebagai alat untuk mengidentifikasi organisme laut di Lab Terpadu UNDIP, Semarang.





Peserta merupakan 1 Dosen dan 1 Mahasiswa yang mewakili dan berasal dari Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Lampung, Universitas Bangka Belitung, Universitas Riau dan Universitas Bengkulu serta IBRC. Kegiatan ini meliputi kegiatan lapangan dan laboratorium, peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan memiliki pengalaman dilapangan dan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. (Penulis: Apriliansyah, Foto: Person Pesona Renta)
Diberdayakan oleh Blogger.