IKL UNIB | Pandu Mahasiswa Ilmu Kelautan, Atlet Taekwondo Dojang UNIB Raih Prestasi Internasional

DUA atlet Taekwondo Dojang Universitas Bengkulu (UNIB) berhasil naik podium dengan menyabet juara dua (medali Perak) dan juara tiga (medali Perunggu) pada Kejuaraan Bandung Taekwondo International Invitation 2017 yang berlangsung di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudhi Bandung, Sabtu dan Minggu (23-24/9/2017).
Kedua atlet dari Dojang UNIB itu tergabung dalam Team Taekwondo Kota Bengkulu. Mereka adalah Denmas Pandu Pamungkas yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian UNIB 2016. Kemudian, Mohammad Kevin Pratama yang merupakan siswa kelas VI di SDN 69 Kota Bengkulu yang aktif berlatih di Dojang UKM Taekwondo UNIB dibawah asuhan pelatih Sabeum Fredy.
Kejuaraan Bandung Taekwondo International Invitation 2017 merupakan ajang bergengsi yang diikuti sekitar 1700 peserta dari 20 provinsi se Indonesia dan melibatkan tiga negara yaitu Kamboja, Malaysia, serta Timor Leste. Team Taekwondo Kota Bengkulu sendiri memberangkatkan sekitar 30 atlet berasal dari beberapa Dojang (Pusat Latihan), termasuk dua atlet dari Dojang UNIB.
Pada kejuaraan ini, panitia pelaksana (Pengcab TI Kota Bandung) mempertandingkan dua nomor Pomsae dan Kyorugi, serta terdapat 8 kategori. Untuk kategori super kadet A maksimal 8 tahun, super kadet B 9-10 tahun, super kadet C 11-12 tahun, kadet 13-14 tahun, junior 15-17 tahun, senior 18 tahun keatas, nomor pomsae senior 31-40 tahun, dan pomsae master 41 tahun keatas.
Tujuan diadakannya kejuaraan ini tidak lain untuk membantu perkembangan taekwondo di Indonesia dan memberi kesempatan kepada para atlet untuk memperlihatkan kemampuan dari hasil latihan.
Denmas Pandu Pamungkas dan Muhammad Kevin Pratama merupakan dua atlet yang telah banyak mendulang medali pada kejuaraan taekwondo tingkat lokal dan regional. Pandu sendiri merupakan peraih Medali Emas (juara 1) pada Kejuaraan Taekwondo tingkat Provinsi, Juara 1 dan The Best Atlet Taekwondo pada Kejuaraan tingkat Sumbagsel, dan lainnya. Begitupun dengan M. Kevin Pratama, meskipun baru duduk di kelas enam SD, dia telah beberapa kali meraih medali emas untuk kejuaraan tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan Sumbagsel.
Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pihak kampus UNIB, pelatih Dojang UNIB, pelatih dan pengurus Pengcab Taekwondo Indonesia Kota Bengkulu, Pemerintah Kota Bengkulu dan peran serta para orang tua atlet yang selalu men-supportnya.[Hms1]
Diberdayakan oleh Blogger.