IKL UNIB | Jambore Pemuda Indonesia 2017, Mahasiswa Ilmu Kelautan Unib Wakili Bengkulu Ke Nasional



IKL UNIB - Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017 yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melibatkan 544 pemuda dari 34 provinsi. Gelaran ini telah dilaksanakan pada 15-21 November di Sawah Lunto, Sumatera Barat.

Setiap provinsi memberikan kesempatan pada kabupaten/kota untuk mengirimkan perwakilannya yang berusia 17-25 untuk mengikuti seleksi tingkat propinsi. Ada perbedaan pelaksanaan  JPI 2017 dengan JPI sebelumnya, pada JPI 2017 ini, melaksanakan program alih ketrampilan Tenun Silungkang selama 20 hari yang diikuti oleh 34 peserta dari 34 Provinsi, yakni Bekal ketrampilan Tenun Silungkang diharapkan dapat memperkuat pengembangan produk ekonomi kreatif di daerah mereka masing-masing.

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2017 mengambil tema Pemuda Indonesa Berani Bersatu yang digelar pada 15-21 November lalu di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Dengan tema tersebut, para pemuda Indonesia diharapkan tidak mudah dipecah belah.


Agenda JPI 2017 di antaranya pawai budaya dari 34 provinsi yang menambilkan kekayaan budaya dari berbagai daerah. Tidak hanya itu, dalam rangka memperkokoh kebinekaan, peserta akan mengikuti dialog kebangsaan dengan tema 'Memperkuat ke-Bhinekaan Pemuda Milenial' dengan pembicara Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Helmi Faishal Zaini.


JENI RAMA HARNENDA, merupakan mahasiswa aktif Ilmu Kelautan Unib angkatan 2017 yang lahir di Curup, Januari 1998 lalu dari pasangan Harmacatri dan Trizaweti.

Jeni mewakili Porvinsi Bengkulu dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia ini di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Dalam rangkaian kegiatan JPI 2017 tersebut delegasi Bengkulu berhasil mendapatkan juara 3 senam, juara 2 hasta karya nasional dan juara 2 olahraga tradisional. (Penulis: Apriliansyah)
Diberdayakan oleh Blogger.