IKL UNIB | BSTC Prodi Ilmu Kelautan Unib Kenalkan Penyu kepada Pesantren Ja Alhaq


ILMU KELAUTAN UNIB | Bencoolen Sea Turtle Conservation (BSTC), salah satu UKM Program Studi Ilmu Kelautan UNIB, Kamis, 26 September 2019 pukul 08.00 - selesai telah melakukan kegiatan Pengenalan Penyu bersama Pesantren Ja Alhaq di kesekretariatan BSTC, Tapak Paderi Bengkulu 

Pesantren Ja Alhaq yang berada tepatnya di  Jl. RE Martadinata Rt. 06, Kelurahan Muara Dua Kec. Kampung Melayu Bumi Ayu Kota Bengkulu, mengadakan sebuah program yang dinamakan "Ja Alhaq Goes Marine Conservation and Education Program". Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pendidikan kepada siswa siswi mengenai pentingnya konservasi" Ujar salah satu guru di Pesantren Ja Alhaq.


Siswa/i Pesantren Ja Alhaq ini mempelajari tentang konservasi penyu bersama BSTC. “Disini kami memberikan pemahaman mengenai penjabaran penyu secara umum, Jenis jenis penyu, karakteristik penyu yang terdapat di Bengkulu, Bagaimana Penanganan dan perawatan penyu, Cara pengalokasian telur penyu, pentingnya konservasi penyu, dan cara menjaga kelestarian penyu” kata Ketua Panitia Kegiatan BSTC, Paventri Prayogi.

Ia turut mengatakan bahwa program ini sangat bermanfaat kedepan nantinya dan tentu saja penyuluhan ataupun program edukasi seperti ini harus diberikan rutin minimal 1 tahun sekali agar dapat menanamkan pendidikan terhadap kalangan pelajar, Ujarnya

"Sebelumnya kegiatan seperti ini pernah dilakukan oleh BSTC, yaitu pada kalangan anak Sekolah Dasar, dan sangat bersyukur kali ini BSTC dapat melakukan hal yang sama yaitu bersama Pesantren Ja Alhaq" tambah Roy Sagita Sianturi, selaku Ketua Umum BSTC.

Kegiatan ini dihadiri 103 siswa siswi yang didampingi 8 - 10 tim pengajar pondok pesantren Ja Alhaq. Kegiatan dimulai dengan senam pagi dan tentu saja diselingi dengan berbagai games sebagai hiburan. Sehingga dapat bermain sambil belajar dan penyampaian materipun tidak terlalu kaku. Kegiatan diakhiri dengan memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk dapat melihat langsung tukik dan penyu yang terdapat di lokasi edukasi.

"Sayang nya kegitan edukasi ini sangat singkat waktunya jika melihat antusias mereka mengenai penyu" Ujar salah satu tim pemateri edukasi.


Dari kegiatan ini, Pihak  BSTC dan Pondok Pesantren menjalin hubungan dan kerjasama didalam bidang edukasi konservasi. Sehingga nantinya edukasi dapat dilaksanakan rutin antara kedua lembaga ini. 

"Kami berharap edukasi dapat terus dilaksanakan. Dan Insyaallah nantinya kami dapat membawa adik adik pelajar menjelajahi Pulau Tikus sebagai salah satu lokasi bertelurnya penyu" Ujar Paventri prayogi sebagai Ketupat BSTC.


---
Penulis : C. C. Hanami
Diberdayakan oleh Blogger.