IKL UNIB | Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Prodi Ilmu Kelautan Adakan Sosialisasi Pengolahan Ikan dan Pembuatan Pakan Ikan Alternatif

 


ILMU KELAUTAN UNIB | Dosen Prodi Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu yang terdiri dari Ibu Dewi Purnama, S.Pi., M.Si selaku ketua, Ibu Maya Anggraini FU, S.Pi., M.Si sebagai anggota pertama dan Bapak Bertoka Fajar SP. Negara, S.Kel., M.Si selaku anggota kedua melaksanakan Bimtek “Pengolahan Ikan dan Pembuatan Pakan Alternatif” bekerja sama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi Produksi Bengkulu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Desa Tanjung Harapan dan Desa Tambak Rejo, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara pada Rabu (25/3).

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat yang ada di Desa Tanjung Harapan dan Desa Tambak Rejo. Kegiatan Bimtek Pengolahan ikan mengajarkan masyarakat untuk bias mengolah komuditas perikanan yang ada di desa tersebut menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi. Beberapa produk yang telah diajarkan berupa Pengolahan Nugget Ikan, Kecap Ikan, dan Penyamakan Kulit Ikan. Kegiatan Pengolahan hasil perikanan tersebut menambah wawasan maysarakat di desa tersebut untuk bisa membuat produk unggul dari desa tersebut.

Kegiatan pembuatan pakan alternatif memberi wawasan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber protein yang ada di disekitar desa untuk bisa dimanfatkan menjadi pakan ikan. Beberapa sumber protein yang dapat dimanfaatkan adalah keong mas, bekicot, dan cacing. Bimtek pembuatan pakan alternatif juga mengajarkan masyarakat agar dapat memproduksi pakan secara mandiri dan tidak tergantung dengan pakan komersi, selain itu kegiatan ini juga membantu warga untuk bisa menghitung nilai efisiensi pakan agar dapat menekan biaya produksi.


---

Posted by :
Humas Ilmu Kelautan Unib


Diberdayakan oleh Blogger.