IKL UNIB | Wisuda Daring Lagi, UNIB Tambah 1.144 Lulusan

ACARA Wisuda UNIB periode ke-91 yang dihelat pada Kamis (27/8/2020) sama seperti wisuda periode ke-90  awal Agustus lalu. Wisuda  dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan melalui live streaming chanel You Tube UNIB.

Wisudawan yang hadir di Gedung Serba Guna (GSG) hanya beberapa orang saja yang merupakan wisudawan dengan predikat cumlaude (terbaik/dengan pujian), sekaligus mewakili fakultas masing-masing.

Setiap orang yang hadir di lokasi acara, mulai dari Rektor dan para Wakil Rektor beserta Ketua Senat dan para Dekan, panitia dan para perwakilan wisudawan diwajibakan mematuhi aturan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Pandemi Virus Corona (Covid-19), seperti menjaga jarak minimal satu meter dan memakai masker.

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Bengkulu Nomor 3316/UN30/HK/2020 tanggal 27 Agustus 2020 tentang Daftar Lulusan Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu pada Wisuda Periode Ke-91 Tahun 2020, sebagaimana dibacakan dan dilaporkan Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE, M.Sc, Ph.D, jumlah wisudawan pada wisuda daring ini sebanyak 1.144 lulusan.

Rincian lulusan berdasarkan fakultas, yaitu ; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 241 wisudawan; Fakultas Hukum 94 wisudawan; Fakultas Ekonomi dan Bisnis 262 wisudawan; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 83 wisudawan; Fakultas Pertanian 182 wisudawan; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 215 wisudawan; Fakultas Teknik 39 wisudawan; dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 28 wisudawan.

Berdasarkan jenjang pendidikan, rincian wisudawan yaitu ; Pascasarjana S3 sebanyak 14 wisudawan; Pascasarjana S2 sebanyak 229 wisudawan; Sarjana Reguler 725 wisudawan; Sarjana Non Reguler 21 wisudawan; dan Vokasi/Diploma 155 wisudawan.

Total jumlah lulusan Universitas Bengkulu hingga Wisuda Periode Ke-91 tahun 2020 ini sebanyak 59.143 orang, terdiri dari 46 orang lulusan Program Pascasarjana S3, 8.153 orang lulusan Pascasarjana S2, 40.344 orang lulusan Sarjana, 187 orang lulusan Program Profesi, dan 10.413 orang lulusan Program Vokasi/Diploma.

Berikutnya, Prof. Lizar Alfansi membacakan wisudawan yang meraih predikat Cumlaude  masing-masing fakultas. Pertama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), yaitu diraih oleh Rahmat (S3 Manajemen) dengan IPK 3,88, M. Teguh Saputra (S2 Akuntasi) dengan IPK 3,89, Raga Ari Sagita Nugroho (S1 Manajemen) dengan IPK 3,9, dan Lidia Kusuma Wijaya (D3 Akuntansi) dengan IPK 3,74.

Kedua dari Fakultas Hukum (FH), yaitu diraih Ardiana Candra Wardani (S2 Kenotariatan) dengan IPK 3,76, dan Melki Agung Saputra (S1 Hukum) dengan IPK 3,91. Ketiga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yaitu diraih Tika Astuti (S2 Komunikasi) dengan IPK 3,73, Pipi Dinda Alpiana (S1 Komunikasi) dengan IPK 3,86 dan Muhammad Guruh Saputra (S1 Jurnalistik) dengan IPK 3,22.

Keempat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), yaitu diraih Bagus Pambudi (S1 Kedokteran) dengan IPK 3,65. Kelima dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yaitu diraih Aceng Joyo (S3 Pendidikan) dengan IPK 3,63, Desi Rusnita (S2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dengan IPK 3,96, Ahbi Mahdia Ningrum (S1 Pendidikan Matematika) dengan IPK 3,95, dan Yunike Dewi Manurung (D3 Bahasa Inggris) dengan IPK 3,77.

Keenam dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yaitu diraih Nopi Putria Sari (S2 Statistika) dengan IPK 3,82, Sabrina Aulia (S1 Statistik) dengan IPK 3,87, dan Mayang Puspitasari (D3 Farmasi) dengan IPK 3,8). Ketujuh dari Fakultas Pertanian (FP), yaitu diraih Herlena Widi Astuti (S2 Agribisnis) dengan IPK 3,93 dan Cindi Claudi Hanami (S1 Kelautan) dengan IPK 3,93). Kedelapan dari Fakultas Teknik, yaitu diraih Aji Pamungkas Trinurcahyo (S1 Teknik Elektro) dengan IPK 3,75.

Sementara lulusan termuda pada wisuda periode ke-91 ini adalah Safira Risdiana Putri dari S1 Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Dia lahir di Bengkulu tanggal 15 Oktober 1999 dan saat ini berusia 20 tahun 10 bulan 12 hari.

Prosesi wisudawa secara simbolis dipimpin langsung oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi seluruh dekan. Prosesi wisuda ditandai pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan terhadap perwakilan wisudawan dan diikuti seluruh wisudawan yang mengikuti wisuda daring dari rumah kediaman masing-masing.

“Untuk para wisudawan yang mengikuti secara daring dari rumah, kami minta pemindahan kuncir toga dilakukan orang tuanya masing-masing,” ujar Rektor seraya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang pada hari ini telah menyandang gelar akademik dari Universitas Bengkulu.

Dalam sambutannya Rektor berpesan kepada seluruh wisudawan agar senantiasa menjaga nama baik diri sendiri dan menjaga nama baik almamater UNIB kapan pun dan dimanapun berada. “Kemudian  teruslah belajar. Karena ilmu yang Anda dapat saat ini baru Ilmu Tahu, belum Ilmu Bisa. Sedangkan Ilmu Bisa itu ada dan bisa Anda dapatkan dari kampus yang lebih besar yaitu kehidupan masyarakat dan dunia kerja,” ujarnya.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA melalui rekaman video yang ditampilkan pada wisuda daring ini mengatakan, wisuda ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para wisudawan dan keluarga, sekaligus momentum yang harus disyukuri. “Rasa syukur itu harus diimplementasikan dengan memberikan peran terbaik ketika terjun ke masyarakat,” ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan.

Gubernur mengajak seluruh sivitas akademika UNIB untuk terus melahirkan SDM berkualitas, cendikiwan-cendikiwan muda yang mampu berkontribusi besar bagi kemajuan pembangunan daerah di berbagai sektor. Sinergi dan kolaborasi antara UNIB dan Pemerintah Daerah harus senantiasa diimplementasikan secara baik sehingga mampu secara bersama-sama mengelola berbagai potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Daerah kata Rohidin Mersyah memiliki komitmen yang kuat untuk bersinergi meningkatkan kelembagaan UNIB. Keinginan mendirikan Rumah Sakit Pendidikan yang terintegrasi dengan pelayanan kesehatan didukung penuh oleh Pemerintah Daerah dengan mengalokasikan anggaran dan menghibahkan lahan yang cukup luas di kawasan strategis yaitu di Padang Harapan.

Demikian juga untuk mendukung adanya “laboratorium hidup” bagi Jurusan Kehutan Fakultas Pertanian, Pemprov bersama Pemkab Bengkulu Tengah juga telah mengalokasikan dan menghibahkan lahan ratusan hektar untuk dikelola secara bersama-sama bagi mahasiswa dan akademisi UNIB, baik sebagai sarana penelitian maupun pengembangan ilmu pengetahuan.

“Saya kira desain pemikiran dan langkah-langkah strategis seperti ini harus kita lanjutkan dan kita wujudkan secara bersama-sama untuk kemajuan UNIB dan kemajuan daerah ke depannya,” Rohidin Mersyah.

Kepada para lulusan  dan seluruh keluarga besar sivitas akademika UNIB, Gubernur Rohidin Mersyah juga mengingatkan dan mengajak agar sama-sama berpartisipasi mensukseskan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Akan digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di tingkat provinsi dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati di delapan kabupaten. Mari kita sukseskan bersama dengan mengkampanyekan anti money politic, mencegah black dan negatif campaign, karena itu akan menciderai proses pemilihan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Mari kita secara bersama-sama songsong proses demokrasi yang baik dengan Tetap Semangat Bangun Bengkulu,” tukasnya. [Humas UNIB - www.unib.ac.id].

Diberdayakan oleh Blogger.