IKL UNIB | Peningkatan Ketahanan Pangan Dengan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber)


BENGKULU -  Dosen Prodi Ilmu Kelautan melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) skim Pembinaan FP UNIB dengan tema Budidaya Ikan dalam Ember untuk menunjang ketahanan pangan keluarga. Kegiatan ini diketuai oleh Maya Angraini FU, S.Pi., M.Si dan anggota Mukti Dono Wilopo, S.Pi.,M.Si serta Dewi Purnama S.Pi., M.Si. Pada kegiatan ini melibatkan tiga orang mahasiswa prodi IKL sebagai pelaksana kegiatan.

Lahan pekarangan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ketahanan pangan selama masa pandemi covid-19, salah satunya adalah Budikdamber. Budikdamber dapat memanfaatkan lahan kecil di rumah dan sumber air yang terbatas, sehingga memudahkan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini.  Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menjadi contoh untuk memproduksi ikan lele berkelanjutan dalam rangka pemenuhan kebutuhan protein hewani untuk skala rumah tangga bagi warga kota Bengkulu.


Tujuan dari kegiatan PPM Pembinaan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan budidaya ikan dalam media kecil dan tidak memerlukan lahan yang luas, mengarahkan untuk membuat media budidaya yang murah dan mudah didapat dengan teknologi yang mudah, solusi permasalahan keterbatasan lahan budidaya ikan dan pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat.


Kegiatan yang dilakukan pada PPM Pembinaan ini adalah pengenalan dan aplikasi budidaya ikan dalam ember meliputi kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan di lahan pekarangan pelaksana. Pelatihan dan pendampingan ini berisi informasi mengenai pengenalan desain dan praktik pembuatan untuk sistem budidaya ikan dalam ember, sistem pemeliharaan ikan dan sayuran, cara pemberian pakan ikan dan pembersihan kotoran di dalam ember, serta pemanenan.

Budidaya ikan dalam ember ini dilaksanakan selama 10 minggu (Agustus - Oktober 2020) dan didapatkan hasil yang sangat memuaskan. Dalam satu ember mampu menghasilkan 4-5 kilogram ikan lele dan sayuran kangkung yang dapat dipanen terus menerus. Budikdamber merupakan kulkas hidup bagi keperluan rumah tangga, karena ikan dan sayuran dapat dipanen sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.








***
Humas IKL Unib
Diberdayakan oleh Blogger.