IKL UNIB | Dosen Ilmu Kelautan Unib Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kahyapu Pulau Enggano

ILMU KELAUTAN UNIB | Dosen Prodi Ilmu Kelautan telah melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) di desa Kahyapu, Pulau Enggano. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan tema kegiatan Pembinaan Kompak (Kelompok Masyarakat Penggiat Konservasi) dalam Pembibitan Vegetasi Pantai dan Aksi Penanaman Pantai Terabrasi Di Pulau Dua, yang diketuai oleh Mukti Dono Wilopo, S.Pi., M.Si., serta Maya Angraini FU, S.Pi., M.Si dan Dr. Yar Johan, S.Pi., M.Si sebagai anggota.


Kegiatan ini berlangsung di bulan April 2021 dengan melibatkan masyarakat desa Kahyapu, pulau Enggano dan mahasiswa untuk mendukung berjalannya kegiatan PKM ini. Enggano sebagai pulau terluar memerlukan pendampingan untuk mengatasi masalah abrasi pantai dengan cara penanaman kembali mangrove. Hutan mangrove secara umum merupakan komunitas vegetasi pantai tropis, yang didominasi oleh beberapa jenis pohon yang mampu tumbuh dan berkembang di daerah pasang surut pantai berlumpur. Beberapa fungsi lain hutan mangrove secara ekologis yaitu sebagai pelindung kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil seperti pulau Enggano yang berada di wilayah terluar, mengurangi terjadinya abrasi pantai dan intrusi air laut,  mempertahankan keberadaan spesies hewan laut dan vegetasi dan dapat berfungsi sebagai penyangga sedimentasi.


Kegiatan PKM ini dimulai dengan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keberadaan hutan mangrove khususnya di desa Kahyapu, kegiatan dilanjutkan dengan pembibitan mangrove dan penanaman kembali mangrove di sekitar desa Kahyapu. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih paham fungsi dari pembentukan Kelompok Masyarakat Penggiat Konservasi di desa Kahyapu dan dapat menjadi poinir dalam mendukung kegiatan konservasi.  Masyarakat juga dapat melakukan kegiatan pembibitan dan penanaman kembali vegetasi pantai agar tetap terjaga kelesatariannya sebagai partisipasi masyarakat dalam usaha pengelolaan hutan mangrove di pulau Enggano pada umumnya. (Humas_ProdiIKLUnib)







Diberdayakan oleh Blogger.