IKL UNIB | PRODI ILMU KELAUTAN UNIB DORONG TERBENTUKNYA POKMAWAS DAN POKDARWIS DESA KAHYAPU PULAU ENGGANO

ILMU KELAUTAN UNIBDosen Prodi Ilmu Kelautan, melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mendorong masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sumberdaya kelautan dan perikanan. Kegiatan PkM yang dimaksud dilaksanakan di Desa Kahyapu Pulau Enggano pada bulan April 2021 dengan judul “Sosialisasi Pembentukan Kelembagaan Pokmawas dan Pokdarwis Desa Kahyapu Pulau Enggano”. Kegiatan ini diketuai oleh Nurlaila Ervina Herliany, S.Pi., M.Si. dan dua anggota, yaitu Ir. Zamdial, M.Si. dan Ali Muqsit, S.Kel., M.Si.


Pulau Enggano merupakan salah satu daerah dengan sumberdaya kelautan dan perikanan yang masih lestari dan melimpah. Hal ini dapat menjadi keuntungan bila dikelola dengan baik dan dimanfaatkan secara bertanggung jawab. Pemanfaatan yang tidak memperhatikan prinsip berkelanjutan dan bertanggungjawab akan mengakibatkan kerusakan alam yang berujung pada punahnya suatu biota maupun penurunan pendapatan bagi masyarakat sekitar yang menggantungkan hidupnya pada sector perikanan dan kelautan. Untuk itu, peran masyarakat sangat diperlukan dalam mengawasi pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan di Pulau Enggano.



Kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan melibatkan dua pihak, yaitu akademisi dalam hal ini dosen Prodi Ilmu Kelautan UNIB didampingi mahasiswa dan masyarakat Desa Kahyapu Pulau Enggano sebagai mitra. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi untuk membuka wawasan masyarakat mengenai peran dan fungsi Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmawas) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Kahyapu Pulau Enggano. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat terdorong untuk membentuk Pokmawas dan Pokdarwis yang aktif berperan dalam mengawasi pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan serta mengembangkan potensi wisata di Desa Kahyapu. (Humas_IklUnib)





Diberdayakan oleh Blogger.